Kaos Nyenyes Palembang
Traveling

Oleh-oleh Khas Palembang yang Bisa dibawa Pulang

Selain banyaknya destinasi dan atraksi wisata yang bisa dieksplorasi saat di Palembang, kota ini juga punya banyak pilihan oleh-oleh khas yang dapat dibawa pulang dan dibagikan pada keluarga serta teman-teman dekat sebagai buah tangan. Ada apa aja? Cek beberapa rekomendasi berikut, ya, Gaes.

Pempek

Pempek Telok Palembang

Pempek pasti berada di urutan pertama daftar oleh-oleh traveler yang berkunjung ke Palembang. Makanan khas ini memang juara banget, menjadi makanan favorit para pencinta kuliner saat traveling ke sini.

Setiap toko pempek menyediakan berbagai pilihan paket dan pengemasan yang rapi sehingga memudahkan traveler membawanya sebagai buah tangan.

Kue Khas Palembang


Kue Palembang Harum

Ingin mencari oleh-oleh penganan selain pempek? Kue-kue khas Palembang yang dicetak dalam ukuran kecil bisa menjadi alternatif. Aneka kue khas Palembang yang mulai sulit dijumpai seperti Kojo, Manan Sahmin, dan Dadar Jiwo, dapat dibeli di Toko Harum, Jalan Merdeka No 811, Palembang.

Kain Tradisional Palembang

Griya Tuan Kentang

Palembang juga dikenal dengan kain tradisionalnya, yaitu songket, jumputan, blongsong dan jupri. Para pencinta wastra Nusantara seringkali sengaja datang ke Palembang untuk berburu Songket dan kain tradisional Palembang lainnya. Oleh-oleh ini dapat dibeli di Griya Kain Tuan Kentang, Jalan Aiptu A. Wahab, Kelurahan Tuan Kentang, Seberang Ulu I, atau di Pertokoan Komplek Ilir Barat Permai, Jalan Radial, Palembang.

Kerupuk

Kerupuk Palembang

Kerupuk Palembang memiliki rasa yang gurih dan renyah. Enak dimakan begitu saja atau sebagai teman makan nasi. Beraneka rupa bentuk dan pilihan rasa kerupuk Palembang ini. Ada yang dibuat dari ikan, udang atau cumi-cumi dan ada juga yang digoreng atau dipanggang. Kerupuk tidak hanya dijual dalam keadaan siap santap, tapi ada juga yang masih mentah. Namun, dibutuhkan keahlian khusus untuk memasaknya, jadi lebih baik pilih yang telah digoreng atau dibakar saja. Kudapan yang crunchy ini dapat dibeli di toko pempek atau toko-toko yang khusus menjual kerupuk seperti di sepanjang Jalan Letkol Iskandar, Palembang.

Lempok

Lempok Durian

Sumatra Selatan juga dikenal sebagai penghasil durian. Tidak hanya dimakan buahnya, durian pun diolah menjadi dodol durian atau dalam Bahasa Palembang disebut dengan nama lempok. Rasanya legit dan manis. Makanan ini biasanya dijual hampir di setiap toko pempek di Palembang.

Sambal lingkung

Sambal lingkung adalah sambal yang dibuat dari daging ikan tenggiri, gabus, belida, atau ikan berdaging tebal lainnya. Jangan bayangkan sambal yang rasanya pedas nyelekit, ya. Sambal ini menyerupai abon daging sapi atau abon udang. Rasanya gurih dengan rasa pedas yang samar. Cocok sekali untuk taburan pada nasi putih hangat, roti, atau ketan kukus.

Sambal lingkung biasa dijual di toko oleh-oleh, misalnya di Toko Kerupuk Hasan AS yang berada di Jalan Letkol Iskandar, Palembang.

Kaos Nyenyes dan Musi Mania

Kaos Nyenyes Palembang

Selain kain tradisional dan makanan khas, ada pilihan oleh-oleh lain, yaitu kaos dengan gambar landmark Kota Palembang atau tulisan kata-kata yang lucu dalam Bahasa Palembang. Toko Kaos Nyenyes dapat kita jumpai di Jalan Demang Lebar Daun, Blok P, No 1, Palembang. Sedangkan Toko Musi Mania berada di Jalan Kironggo Wiro Santiko No 2472, Kambang Iwak Kecik, Palembang.

Tidak hanya menjual kaos, kedua toko tersebut juga menjual souvenir lainnya, misalnya gantungan kunci dan replika landmark Kota Palembang.

Sekarang, siapkan waktu dan tenagamu untuk menikmati pesona wisata Palembang. Selamat datang di kota kelahiran saya, Gaes! Kalau ada pertanyaan tentang destinasi wisata di Palembang, bisa kalian tuliskan di kolom komentar, ya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *