Traveling

Air Terjun Mursala, Eksotika lain Sumatera Utara

Saat pertama memasuki Kota Sibolga, Ibu Kota Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, saya sudah tidak sabar ingin melihat Air Terjun Mursala, air terjun yang katanya langsung mengalir ke lautan. Pasti keren banget!

Untuk mencapai air terjun yang berada di Pulau Mursala, sebuah pulau yang terletak diantara Pulau Sumatera dan Pulau Nias, saya harus menyewa kapal stempel di Pulau Pandan.

Kapal dengan kapasitas maksimal 15 orang penumpang ini menawarkan paket ke Pulau Mursala seharga Rp. 1.800.000. Dengan tarif tersebut kita bebas ingin berada berapa lama di pulau yang dituju, asalkan tidak sampai terlalu sore karena biasanya ombak mulai tinggi saat malam menjelang.

Air Terjun Mursala
Air Terjun Mursala

Saya memulai perjalanan dari Pantai Pandan pada pukul sembilan pagi. Air laut yang tenang dan cuaca yang cerah menemani selama perjalanan. Setelah melaut selama hampir dua jam, mulai tampak air terjun di dinding Pulau Mursala.  Wow, sungguh megah dan eksotis!

Air terjun setinggi 30 meter ini mengalir di tebing Pulau Mursala dan langsung jatuh ke laut. Bagian tebing tempat mengalirnya air terjun ini menghadap ke Samudra Hindia. Air Terjun Mursala berasal dari sebuah sungai yang membelah Pulau Mursala, kemudian mengaliri batu granit merah kehitaman yang berada di tebing pulau.

Terdapat sebuah legenda tentang terjadinya Air Terjun Mursala. Konon, ada seorang perempuan cantik jelita yang bernama Putri Runduk, permaisuri Raja Jayadana.

Raja Janggi yang berasal dari Sudan, sangat tertarik dengan keelokan rupa Putri Runduk dan mengejarnya sampai ke Pulau Mursala. Putri nan elok rupawan itu putus asa, ia melompat ke laut dan hilang tanpa bekas. Pengawal setia sang putri meratapi kepergiannya, ia menangis tiada henti. Air mata pengawal inilah yang kemudian menjadi air terjun.

Air Terjun Mursala
Air Terjun Mursala

Menurut Roma Hasibuan, Anak Buah Kapal yang menemani saya selama dalam perjalanan, Air Terjun Mursala rasanya sangat segar dan dipercaya dapat menjadi obat berbagai penyakit. Namun, air ini akan berubah rasa jika dibawa ke daratan. Saya juga melihat ada beberapa traveler yang meminum air curahan air terjun ini langsung di lokasi.

Roma juga bercerita, penduduk setempat meyakini kalau air sungai yang berada di Pulau Mursala berasal dari Danau Toba, yang mengalir melalui terowongan bawah tanah. Menurutnya, terkadang ditemukan jerami dan kulit padi di air terjun saat musim panen di Danau Toba.

Hal ini yang membuat mereka yakin kalau aliran air ini  berasal dari Danau Toba. Namun, belum ada penelitian yang membuktikan dugaan tersebut.

Air Terjun Mursala
Air Terjun Mursala

Keistimewaan Pulau Mursala bukan hanya terletak pada air terjunnya. Keindahan alam dan batu-batu granit yang ada di sini membuat pulau ini pernah dijadikan lokasi pembuatan Film King Kong yang populer pada tahun 2005.

Jika ke sini, jangan lupa membawa makanan ya, karena tidak ada yang menjual makanan di Pulau Mursala. Kita bisa menikmati bekal yang kita bawa di atas kapal, sambil menatap eksotika yang disajikan alam Sumatera Utara.

You may also like...

4 Comments

  1. Avatar

    air terjunnya kereeen bangeeet.. di foto bagus bgt, apalagi yg asli ya…

    1. Avatar
      ivone says:

      Iya, kak. Ayo, main-main ke Sumatera Selatan.

  2. Avatar
    Sofyana Bellaa says:

    Berapa harga tiket untuk menaiki kapal disana?

    1. Avatar
      ivone says:

      1.500.000 sd 1.800.000 per kapal, kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *