Culinary

Memanjakan lidah dengan kuliner Medan, Sedaaap!

Pancake durian

Medan mulai berkembang sejak Belanda membuka perkebunan tembakau di Deli pada tahun 1863. Kini secara garis besar Medan dihuni oleh etnis Melayu, Batak, Jawa, berbaur dengan Tionghoa dan India.  Multikultular inilah yang membuat kuliner di Medan begitu beragam.

Di kampung Madras misalnya, kawasan tinggal keturunan India, kita akan menemukan makanan kaya bumbu khas India. Sedangkan di Jl. Semarang dan Kompleks Perumahan Cemara Asri, ada begitu banyak Chines food tersedia.

Kalau Anda sedang berkunjung ke Medan, kurang lengkap rasanya tanpa menikmati keanekaragaman kuliner yang tersedia di sini.

Soto Sinar Harapan

6 kuliner Medan yang menggugah selera

Mulailah dengan menikmati Soto Medan di RM. Sinar Pagi di Jl. Sei Deli. Jangan kaget, orang Medan biasa sarapan pagi dengan menu berat dan lengkap. Jika ingin menikmati Soto Medan yang lezat, di sinilah tempat yang tepat. Soto berkuah kental dengan sarat bumbu ini dipastikan bisa membuat Anda ketagihan. Tapi kalau tidak suka kuah santan yang kental, Anda bisa pesan sop ayam atau daging.  Sama nikmatnya. Rumah makan ini selalu ramai pengunjung, Anda harus sabar mengantri atau datanglah pagi-pagi sekali. Anda bisa juga menjadikan Soto Medan ini sebagai menu makan siang karna rumah makan ini buka dari pukul 07.00 – 15.00 WIB.

Sop Iga Sipirok

Rumah Makan Sipirok
Suasana Rumah Makan Sipirok yang selalu ramai

Rumah Makan Sipirok berlokasi di Jl. Sunggal No. 14 Medan. Jam buka dari pukul 10.00 – 15.00 WIB.  Lokasinya tepat di pinggir jalan raya.  Rumah makan ini lumayan luas dan bersih.  Menu andalannya adalah sop iga sapi dengan kuah yang bening dan rasanya gurih.  Benar-benar menggugah selera.

Makannya pasti nambah!  Ada juga gulai ikan asap dan sup sumsum kaki sapi.  Cara makan sup sumsum kaki sapi ini unik, yaitu sumsum dihisap menggunakan sedotan. Jangan datang terlalu siang kalau tidak ingin kehabisan menu-menu andalan di sini. Kasir di rumah makan ini juga unik.  Pemilik rumah makan bertindak sebagai kasir. Namun beliau tidak duduk di balik meja khusus seperti kasir rumah makan pada umumnya, melainkan berjalan berkeliling sambil membawa uang lembaran baru yang akan digunakan sebagai kembalian.

Mie Aceh

Ada dua kedai Mie Aceh yang populer di Medan. Pertama, Mie Aceh Titi Bobrok yang berlokasi di Jl. Setiabudi no. 17C dan kedua, Mie Aceh Baru di Jl. Setiabudi no. 48.  Kedua kedai ini buka pukul 11.00 – 21.00 WIB.

Anda harus coba mie dengan campuran kepiting, bisa mie goreng atau mie kuah, rasanya lezat dan kaya rempah, disajikan bersama acar bawang, emping melinjo dan irisan mentimun.  Bagi yang tidak suka kepiting, bisa mencoba mie aceh biasa, mie aceh udang, mie aceh daging, mie aceh telur atau mie aceh cumi.  Sama sedapnya.  Harganya pun tidak terlalu mahal, berkisar antara Rp. 8.000 – Rp. 40.000 per porsi.

Sate Padang Al-Fresco

Sate Padang yang satu ini jangan dilewatkan.  Anda bisa menikmatinya bersama taburan keripik singkong pedas.  Campuran citarasa gurih, pedas dan suara kriuk-kriuknya membuat  selera makan bertambah.  Kedai ini berlokasi di Jl. Perniagaan (Pajak Ikan).  Buka dari pukul 19.00 – 22.00 WIB.

Durian Medan

Kedai Durian Pelawi Medan
Kedai Durian Pelawi Medan

Nah, ini dia nih yang paling tersohor di Medan.  Disekitar bulan Desember-Februari, harga durian relatif murah karena sedang musimnya, sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000 per buah. Tapi jangan khawatir, durian medan selalu tersedia sepanjang tahun, hanya harganya saja menjadi sedikit lebih mahal. Kalau Anda tidak bisa memilih durian, jangan khawatir, pelayannya akan memilihkan durian sesuai keinginan.  Mau yang manis legit atau manis pahit. Kalau tidak sesuai keinginan Anda boleh mengembalikannya, tidak perlu bayar. Anda bisa menikmati durian Medan di kedai Durian Ucok Jl. Iskandar Muda no. 75 atau di kedai Durian Pelawi Jl. Sunggal (simpang Jalan Kutilang) Medan.

Pusat Jajan Merdeka Walk

Merdeka Walk
Merdeka Walk, tempat nongkrong anak muda Medan

Kurang lengkap rasanya kalau tidak mampir ke Merdeka Walk, tempat jajan berkonsep outdoor. Tempat ini sangat ramai di malam hari, merupakan salah satu tempat nongkrong anak muda Medan. Di Nelayan Tenda Anda bisa menikmati pancake durian, makanan yang sangat populer di Medan. Cake ini terbuat dari buah durian tanpa biji, dibalut dengan dadar yang tipis, so yummy!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *